You are currently viewing Pemasangan Door Closer

Pemasangan Door Closer

Door closer biasa nya terpasang pada pintu aluminium. Pintu termasuk salah satu bagian yang ada dari sebuah ruangan yang fungsinya sebagai partisi penyekat dinamis yang bisa untuk memberikan bukaan dengan teratur atau dengan tidak teratur dan menjadi akses untuk keluar dan juga akses masuk. Pada pintu kaca fungsi door closer sudah ada pada floorhinge

Pintu sebaiknya bisa memenuhi unsur keamanan, keselamatan, privacy, dan juga memiliki unsur kenyamanan. Terkadang pintu kaca yang ada di rumah, kantor, ruko, minimart, swalayan, appartment, terjadi suatu permasalahan. Misalnya saja tidak bisa dioperasikan dengan baik sebab pintu kaca bermasalah dalam sistem mekanik di bagian engsel pintu kaca atau door hardware pintu kaca.

Sistem yang ada dalam engsel pintu kaca pada umumnya dapat berupa engsel kupu-kupu (butt hinge) maupun sistem engsel pivot atau yang sering dikenal dengan engsel kupu tarung maupun kupu-kupu tarung. Pintu kaca yang menggunakan engsel kupu tarung bisa bergerak 2 (dua) arah maupun double action. Yaitu dalam membuka pintu bisa dilakukan dengan cara didorong atau dengan cara ditarik. Dalam engsel dengan sistem pivot atau kupu tarung maupun sistem engsel memakai floor hinge pintu kaca bisa digunakan untuk pintu kaca frameless.

Door Closer yang berfungsi sebagai Penutup Pintu Otomatis ini biasa dipasang pertokoan maupun di perkantoran. Kelebihannya adalah dengan alat ini, sebuah pintu akan menutup dengan sendirinya setelah dibuka oleh beberapa orang yang masuk maupun keluar dari sebuah ruangan. tidak hanya di pertokoan saja, di beberapa perkantoran-pun juga banyak menerapkan Pemasangan Door Closer ini.

Pemasangan Door Closer

Pada door closer bagian paling besar dari door closer itu yang ditempelkan pada pintu, ingat jangan terbalik dan jarak antara titik tengah door closer ke sisi tepi pintu direkomendasikan kira dalam jarak 25cm. Pada door closer ada dua bagian penting, 1 bagian besar dan satunya lagi engsel garengan yang ditempelkan pada kusen.

pengaturan door closer

Arah baut pengatur harus searah sama engsel, itu patokan dasarnya. jadi kalau engsel pintunya di sebelah kanan, ya arah baut pengaturnya juga kanan. Terdapat pula sekrup yang berfungsi untuk mengatur Kecepatan Menutup dan juga Kecepatan Mengunci,, maksudnya lihat gambar dibawah ini

Cara setting door closer

sama seperti halnya floor hinges pada door closer pun terdapat sekrup untuk menyesuaikan kecepatan menutup, mengunci-nya, yang dapat di sesuaikan menurut keinginan kita. Alat penutup pintu otomatis ini, tidak hanya dapat dipasang pada pintu aluminium saja, untuk pintu lainnya pun seperti pintu kayu bisa juga, asal ada bagian untuk tempat dimana sekrup berada.

Dan nantinya setelah terpasang, anda coba buka dan tutup, nanti akan ada pengaturan untuk kecepatan saat menutup pintu, pengaturannya ada disebelah samping di bagian alat yang menempel pada pintu. disitu ada dua setelan.

Yang satu untuk menyesuaikan kecepatan ayunan jarak menutup dan satunya lagi untuk mengunci pada kusen.Semoga sedikit gambar tersebut bisa memberikan gambaran bagi anda yang akan memasang alat yang dinamakan Door Closer Penutup Pintu Otomatis ini,